Otak Coding
Source Code Aplikasi & Template Lengkap

Cara Menggunakan Operator Aritmatika pada PHP

Cara Menggunakan Operator Aritmatika pada PHP

  • PHP

Cara Menggunakan Operator Aritmatika pada PHP

Operator Aritmatika pada PHP adalah operasi matematika yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Operator ini biasa digunakan untuk mengelola bilangan misalnya penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, modulus, min dan max. Dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, kita bisa melakukan operasi matematika asalkan menuruti aturan dari penulisan kode PHP sendiri.

Operator Penjumlahan Pada PHP

Operator yang pertama kita bahas yaitu penjumlaham. Kita bisa menjumlahkan beberapa bilangan dengan menggunakan kode PHP. Misalnya saya ingin menjumlahkan dua buah bilangan yang sudah saya simpan dalam dua buah variabel yaitu $a dan $b. Untuk menjumlahkan dua buah bilangan tersebut kita memerlukan satu variabel lagi misalnya disini saya akan menyimpan pada variabel $hasil. Maka cara menjumlahkan menurut aturan PHP adalah $hasil = $a+$b. berikut penerapan dalam kode PHP.

<?php
$a=1;
$b=2;
$hasil = $a+$b;
echo $hasil;
 ?>

pada kode PHP diatas saya akan menjumlahkan $a=1 dan $b=2, maka untuk menetukan mendapatkan hasil penjulahan dapat di tulis $hasil=$a+$b itu sama dengan $hasil=1+2. maka hasilnya :


Operator Pengurangan Pada PHP

Operator aritmatika yang kedua adalah Pengurangan, sama halnya dengan operator penjumlahan yang dibahas sebelumnya. Di operator pengurangan kita bisa melakukan pengurangan dari dua buah bilangan dan hasilnya akan disimpan dalam satu variabel, contohnya :

<?php
$a=1;
$b=2;
$hasil=$a-$b;
echo $hasil;
 ?>

pada kode PHP ini, saya akan mengurangi dua buah bilangan yaitu $a=1 dan $b=2, maka untuk mengurangi kita menggunakan tanda (-). Maka didapatkan $hasil = $a-$b atau $hasil = 1-2. Hasil yang didapatkan =-1

Operator Perkalian Pada PHP

Operator  yang ketiga adalah operator perkalian pada PHP. Perkalian bisa dimaksudkan dengan menghitung jumlah kelipatan. misalnya 2 * 3, maka bisa ditafsirkan kelipatan 2 sebanyak 3 kali. Untuk lebih jelasnya perhatikan kode PHP untuk melakukan operator perkalian:

 <?php
 $a=2;
 $b=3;
 $hasil = $a*$b;
 echo $hasil;
 ?>

Kode ini mempresentasikan hasil perkalian dari dua bilang yang disimpan di masing-masing variabel $a=2 dan $b=3 sehingga untuk mendapatkan hasil $hasil=$a*$b; hasil yang didapatkan :


Operator Pembagian Pada PHP

Operator yang dibahas yang keempat adalah operator Pembagian. Pembagian ini sama halnya dengan operator lain. hanya saja dia akan membagikan dua buah bilangan atau lebih. Untuk lebih jelasnya perhatikan kode PHP berikut :

<?php
$a=6;
$b=3;
$hasil = $a/$b;

echo $hasil;
?>


Operator Modulus Pada PHP

Dari empat operator sebelumnya, hanya operator ini yang berbeda. Operator mudulus merupakan operator yang digunakan untuk mendapatkan hasil bagi dari dua bilangan. Operator modulus menggunakan tanda % untuk mendapatkan hasillnya. Lebih jelas perhatikan dulu contonya :

<?php
$a=6;
$b=3;
$hasil = $a%$b;

echo $hasil;
?>

misalnya disini $a=6 dan $b=3, dan untuk mendapatkan modulus kita menggunakan tanda % artinya $hasil = $a%$b;  untuk perhitungan manualnya :
$hasil = 6%3
$hasil = 6/3 = 2
$hasil =3*2 = 6
$hasil = 6-6 = 0
makas hasil akhir dari $hasil = $a%$b atau $hasil = 6%3 adalah 0

Kesimpulan Cara Menggunakan Operator Aritmatika pada PHP

Dari materi pada artike ini dapat diambil kesimpulan bahwa PHP bisa melakukan operator aritmatika yang sering digunakan. Ada empat beberapa jenis aritmatika yang sering digunakan sehari-hari diantaranya adalah penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, modulus, min dan max.