Otak Coding
Source Code Aplikasi & Template Lengkap

Tipe Data Array pada PHP

Tipe Data Array pada PHP

  • PHP

Tipe Data Array pada PHP

Masih dalam jenis tipe data pada PHP, pada artikel kali ini saya akan membahas tipe data array pada PHP yang meliputi Pengertian, Cara penilisan, Fungsi Array dan contoh kode PHP dengan menggunakan tipe data array.

Pengertian Tipe Data Array pada PHP

Tipe data array adalah jenis tipe data yang bisa menyimpan banyak nilai/isi didalamnya. Tidak sama jenis tipe data sebelumnya yang hanya bisa menampun satu nilai, Array ini bisa menampung bergam jenis tipe data lain didalamnya. Jika diibaratkan Array adalah sebuah tas maka didalamnya bisa berisikan laptop, charger, buku, pulpen dan lain sebagainya.

Misalnya kita membutuhkan variabel dalam menampung 10 data minuman, maka penulisan yang tidak menggunakan array adalah :

<?php
$a = "Es teh manis";
$b = "Kopi panas";
$c = "Kopi sanger";
$d = "Jus pokat";
// sampai 10 data

 ?>

Dari contoh kode diatas memang tidak salah, penulisannya tidak error. Hanya saja bisa dikatakan tidak efektif karena harus menggunakan 10 variabel untuk menulisakan semua data yang diperlukan pada contoh kasus diatas. Sedangkan dengan menggunakan tipe data array maka akan sangat efektif dalam kita mengembangkan sebuah aplikasi. Misalnya kita akan mengangkat kasus yang sama yaitu membuat sebuah variabel yang menampung 10 data minuman. Penulisan menggunakan tipe data array adalah sebagai berikut :

<?php
$a = array(
    0=>"Es teh manis",
    1=>"Kopi panas",
    2=>"Kopi Sanger",
    3=>"Jus pokat",
    4=>"Jus jeruk",
    5=>"Jus wortel",
    6=>"Jus semangka",
    7=>"Jus timun",
    8=>"Milo dingin",
    9=>"TST"
);
echo $a[9];
?>

dari contoh diatas dapat kita lihat bawa, ada sebuah variabel yang nilai didalamnya ada sekumpulan data yang disimpan dalam sebuah array. dan kita akan mecetak nilai dari array yang terakhir, maka ketika kode dieksekusi oleh PHP maka akan ditampilkan :


Cara Penulisan Tipe data Array

Dalam penulisa tipe data array, PHP mendukung beberapa cara penulisan tipe data array yang slah satunya adalah model konstruktor. Contoh penulisannya sebaga berikut :

$variabel  = array(
key => value,
key1=>value1,
key2=>value2
);

Komponan dari tipe data array ada dua pasang yaitu key dan value, Key disini merupakan petunjuk posisi dimana value berada, tanda panah (=>) merupakan pemisah/pemberi nilai kepada key,  sedangkan value merupakan nilai yang disimpan. Sedangkan untuk mengakses nilai dari Array kita menggunakan kombinasi antara $nama_variabel nilai key nya. contoh nya :

$nama_variabel[key];

Berikut contoh pada kode PHP

<?php
$a = array(
    0=>"Es teh manis",
    1=>"Kopi panas",
    2=>"Kopi Sanger",
    3=>"Jus pokat",
    4=>"Jus jeruk",
    5=>"Jus wortel",
    6=>"Jus semangka",
    7=>"Jus timun",
    8=>"Milo dingin",
    9=>"TST"
);
echo $a[9];
?>

INGAT : untuk menggunakan tipe data Array harus menggunakan fungsi array();

Selain menggunakan key, PHP juga membolehkan penulisan Array tanpa mggunakan key. Key yang tidak buat aka dibuat secara otomatis oleh PHP secara terurut dimulai dari 0,1,3, sampai seterusnya. Contoh penulisan Array tanda menggunakan key pada kode PHP :

<?php
$a = array(
    "Es teh manis",
    "Kopi panas",
    "Kopi Sanger",
    "Jus pokat",
    "Jus jeruk",
    "Jus wortel",
    "Jus semangka",
    "Jus timun",
    "Milo dingin",
    "TST"
);
echo $a[0];
?>

Contoh diatas dapat kita lihat bahwa array yang dibuat disitu tidak mendefiniskan Key, akan tetapi ketika menampilkan salah satu dari nilai array kita diharuskan untuk memanggil key yang mau kita tampilkan.

Kesimpulan Tipe Data Array pada PHP

Dari uraian pembahasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa Array merupakan jenis tipe data yang bisa menyimpan kumpulan data dalam satu variabel. Penggunaan array akan sangat efektif untuk menampung nilai dalam jumlah banyak jika dibandingkan dengan tipe data lainnya. Salah satu kelebihan array adalah value didalamnya bisa beragam, maksudnya value bisa berisi angka maupun teks.