Otak Coding
Source Code Aplikasi & Template Lengkap

Tipe Data Boolen Pada PHP

Tipe Data Boolen Pada PHP

  • PHP

Tipe Data Boolen Pada PHP

Masih melanjutkan materi Pengenalan tipe data pada PHP, pada kesempatan ini saya akan membahas salah satu tipe data yang digunakan dalam bahasa pemrograman PHP yaitu Tipe data boolean. Tipe data boolen adalah tipe data yang paling sederhana jika dibandingkan dengan jenis tipe data lainnya dalam bahasa pemrograman PHP. Tipe data boolean hanya memiliki dua nilai yaitu True(benar) dan False (salah). Tipe data boolean biasanya digunakan dalam operasi logika seperti IF dan perulangan/looping (for). Tipe data ini bisanya diberikan nilai 0 dan 1, dimana jika nilainya 0 maka sebuah pernyataan dianggap salah, dan jika nilai 1 maka pernyataan tersebut dianggap benar.

Penulisan Tipe Data Boolen Pada PHP

Aturan penulisan tipe data boolean sangat sederhana, karena hanya bernilai 0 dan 1 atau false dan true. Penulisan nilai False dan True ini tidak bersifat case sensitif artinya boleh digunakan hurfu besar dan huruf kecil. misal penulisannya itu true, True, dan TRUE (penulisan seperti ini dianggap benar). Perhatikan contoh berikut penerapan tipe data boolean pada kode PHP

<?php
$x = true;
$y = false;

echo "benar = $x </br> salah = $y";
?>

Pada kode diatas kita akan membuat dua buah variabel $x dengan nilai booleannya trur dan $y dengan nilai boolean false. Jika program ini dijalankan makan akan menampilkan benar=1 dan salah=


Oleh karena PHP merupakan jenis pemrograman tidak bertipe atau dikenal juga dengan loosely typed language jadi sebuah variabel bisa dikonfersi menjadi tipe data lainnya. comtohnya :

<?php
    $x = false; //nilainya false
    $y = ""; //nilainya false
    $z=" "; //nilainya true
    $xx = 3.14; //nilainya true
?>


Untuk $x sudah bisa dipastikan nilainya false, $y  nilainya juga false (karena tidak ada variabel y tidak bernilai), $z nilainya true (karena variabel z memiliki nilai spasi), dan $xx memiliki nilai true karena nilainya 3.14. Dari cintoh ini dapat dilihat bahwa ada tiga jenis tipe data yang dikonfersi menjadi tipe data true.

Kesimpulan Tipe Data Boolen Pada PHP

Dari pembahasan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa tipe data boolean pada PHP merupakan jenis tipe data yang paling sederhana dalam bahasa pemrograman PHP karena hanya memiliki dua nilai yaitu False dan True atau 0 dan 1. Jenis tipe data ini bakalan sangat sering kita gunakan nantinya dalam mengembangkan aplikasi menggunakan bahasa pemrograman PHP.